Wapres KH Ma’ruf Amin Ingin Kejayaan Jalur Rempah Dihidupkan Lagi



loading…

Wapres KH Ma’ruf Amin ingin kejayaan jalur rempah Indonesia kembali dihidupkan lagi. Foto/SINDOnews/binti mufarida

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin ingin kejayaan jalur rempah Indonesia kembali dihidupkan lagi. Apalagi, komoditas rempah nasional sudah menarik perhatian dunia sejak dulu.

Perhatian Wapres terhadap jalur rempah ini diungkapkan usai menerima audiensi jajaran Pimpinan Masyarakat dan Komunitas Rempah Indonesia (Gemari) di kediaman resminya, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, siang ini, Rabu (26/6/2024).

“Wakil Presiden memang sangat concern terhadap jalur rempah Indonesia. Bagaimana supaya sejarah masa lalu yang penuh dengan kejayaan itu bisa dihidupkan kembali,” tutur Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi.

Baidlowi menyampaikan Wapres meyakini dengan memajukan komoditi rempah nasional, dapat membantu banyak pelaku usaha rempah terutama petani yang menggantungkan hidupnya pada berbagai jenis tanaman istimewa tersebut.

“Dalam pandangan Wapres, rempah ini merupakan sebuah ikhtiar bangsa untuk mensejahterakan [bangsa] karena banyak sekali hidup petani dengan rempah dan itu bisa dijadikan gerakan nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, CEO Gemari Siti Nur Azizah Ma’ruf menyebut pihaknya yang saat ini tergabung dalam Asosiasi Komunitas Pangan dan Rempah Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar acara yang mengangkat keunggulan rempah-rempah Indonesia.

“Bulan Agustus nanti rencana kami akan mengadakan satu event yang tentunya ini diharapkan menjadi satu starting point untuk mendorong nasionalisme terhadap pangan dan rempah Nusantara,” paparnya.

Acara tersebut, menurutnya cukup komprehensif dan melibatkan banyak pihak. Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat menghimpun banyak penggiat usaha rempah untuk bersama meningkatkan nilai pangan dan rempah-rempah nasional, terutama di mata dunia luar.

Siti mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Produksi Film Negara (PFN) untuk mengadakan kegiatan yang tidak hanya kegiatan seremonial, tapi kegiatan matching business, demo rempah dan juga kuliner pangan Nusantara, serta talk show dan fashion rempah.

“Ini kami harapkan menjadi semangat untuk mendorong teman-teman yang bergabung untuk memperkuat upaya pemerintah dalam upaya mengangkat kekayaan alam rempah,” pungkasnya.

(cip)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *