PDIP Usung Airin-Ade di Pilgub Banten, SK Bakal Diserahkan oleh Megawati



loading…

PDIP resmi mengusung Wakil Ketua Umum Partai Golkar Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur (cagub) berpasangan dengan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024. Foto/SINDOnews

JAKARTA – PDIP resmi mengusung Wakil Ketua Umum Partai Golkar Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur Banten 2024.

Airin dipasangkan dengan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi. Deklarasi itu dilakukan di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu (25/8/2024).

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, dukungan yang diberikan kepada pasangan Airin-Ade telah berjalan selama kurang lebih 2 bulan.

“Alhamdulillah sejak 7 Juni 2024 saya banyak berkomunikasi dengan Ketua DPD Golkar (Banten) Bu Tatu (Tatu Chasanah), untuk menjajaki kerja sama politik ini. Hampir 2 bulan 17 hari untuk mendiskusikan peluang kerja sama itu,” kata Basarah.

“Bahwa saya bersama Ibu Ribka Tjiptaning mereka mengusulkan agar kerja sama politik dengan Partai Golkar di Pilgub Banten untuk mengusung Airin-Ade sebagai cagub-cawagub provinsi Banten,” sambung dia.

Dia pun mengungkapkan deklarasi terhadap pasangan Airin-Ade pun sudah mau dilakukan, meski sempat terkendala. Akan tetapi, usai adanya putusan MK mengubah aturan UU Pilkada terkait ambang batas calon, hal itu pun memungkinkan PDIP mengusung calonnya sendiri di Pilgub Banten.

“Tapi rupanya Gusti Allah mboten sare, Tuhan tidak tidur. Kebenaran ternyata mencari jalannya sendiri, maka ketika keputusan MK telah mengatur yang memungkinkan PDIP mengusung calon sendiri,” ujarnya.

Kendati begitu, Basarah menyebutkan SK dan rekomendasi kepada Airin-Ade akan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia menambahkan, Airin nantinya akan diundang untuk datang langsung ke DPP PDIP sekaligus pemberian rekomendasi secara resmi oleh Megawati. Hal itu juga bersamaan termasuk dengan calon yang diusung PDIP di Jakarta.

“Ibu Airin, ada aturan yang mesti dipatuhi di PDIP itu sendiri. Nantinya rekomendasinya dan SK akan secara langsung diberikan oleh Ketum DPP PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri bersama cagub DKI, Jawa Tengah, Jawa Barat. Jadi Ibu Airin akan diundang ke DPP untuk mendapat arahan langsung dari Ibu Megawati Soekarnoputri,” jelasnya.

(cip)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *