Luncurkan Percontohan PIT di Maluku, KKP Gandeng Telkomsat Perkuat Konektivitas Komunikasi



loading…

KKP tak main-main dalam merancang peluncuran proyek percontohan penangkapan ikan terukur berbasis kuota (PIT) di 2 wilayah pada zona 3 yaitu Kota Tual dan Kepulauan Aru, Maluku. Foto: Ist

KEPULAUAN ARU – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tak main-main dalam merancang peluncuran proyek percontohan penangkapan ikan terukur berbasis kuota (PIT) di 2 wilayah pada zona 3 yaitu Kota Tual dan Kepulauan Aru, Maluku.

KKP dalam menyukseskan peluncuran proyek percontohan itu mengajak anak usaha Telkom, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) demi memperkuat konektivitas komunikasi.

“Kita minta Telkomsat perkuat konektivitas di wilayah percontohan selama peluncuran PIT ini karena sejumlah wilayah perairan Indonesia memang harus dilayani internet berbasis satelit. Telkomsat pasang backhaul dengan manfaatkan teknologi Starlink untuk bikin konektivitas selama peluncuran berjalan lancar,” ujar Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto di Tual, Maluku, Minggu (2/6/2024).

Telkomsat memasang perangkat Mangostar (konektivitas internet backhaul satelit Starlink LEO) dengan kecepatan dedicated masing-masing 100 Mbps.

“Kecepatannya mencapai 100 Mbps, latency rendah, dan stabil untuk berbagai kebutuhan acara seperti live streaming, komunikasi internet, security, dan lainnya. Ini membantu teman-teman media yang melakukan peliputan dan pelaku usaha berkomunikasi mengingat di Tual hanya ada satu provider seluler,” kata Doni.

Peluang pemain internet berbasis satelit memanfaatkan kehadiran PIT sangat besar untuk memasarkan layanan konektivitas mengingat untuk proyek percontohan PIT diikuti 187 kapal bertonase besar.

“Kapal-kapal itu akan butuh full connectifity asalkan pemain satelit bisa menawarkan harga layanan dan perangkat kompetitif, tentu akan menarik bagi mereka. Semua butuh komunikasi di zaman sekarang,” ujarnya.

Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd Rauf menyatakan kesiapannya mendukung kebutuhan teknologi komunikasi yang dibutuhkan KKP dalam mengimplementasikan kebijakan PIT. Salah satu yang sudah dilakukan yakni menyiapkan perangkat Starlink untuk memenuhi kebutuhan internet saat peluncuran modeling PIT di Kota Tual, Maluku.

“Telkomsat sebagai penyedia teknologi komunikasi berbasis satelit berkomitmen untuk terus mendukung program digitalisasi yang dilakukan KKP khususnya di ekosistem kelautan,” ucapnya.

Program terdekat yang akan dikolaborasikan bersama KKP adalah solusi konektivitas pendukung aplikasi PIT dengan mengoptimalkan Satelit GEO (Geostationary Earth Orbit) maupun LEO (Low Earth Orbit).

“Kami terus berinovasi memanfaatkan berbagai teknologi efektif dan efisien guna menjawab tantangan yang dihadapi dalam implementasi transformasi digital di ekosistem tersebut,” ujar Lukman.

(jon)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *