Kunjungan Paus Fransiskus, Menko PMK: Dia Tamu Rakyat Indonesia



loading…

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku senang atas rencana kedatangan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus ke Indonesia. Foto/Danandaya Arya Putra

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku senang atas rencana kedatangan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus ke Indonesia. Dia menyebut, tamu bagi rakyat Indonesia ini akan disambut semaksimal mungkin.

“Kita akan sambut sebaik mungkin. Karena dia adalah tamu negara sekaligus tamu rakyat Indonesia,” ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2024).

Menurutnya, segala kesiapan untuk menyambut Paus juga telah dipersiapkan dengan matang. Pemerintah bersama kelompok masyarakat sipil juga telah berdiskusi menentukan tema yang akan didiskusikan dengan Paus.

“Sudah siap. Termasuk diskusi-diskusi berkaitan dengan masalah apa yang sekarang, isu yang selalu menjadi tema besar dari Paus, sudah mulai dilakukan oleh kelompok-kelompok masyarakat maupun pemerintah,” katanya.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Ada sederet agenda yang akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta.

Tema kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia yaitu Iman, Persaudaraan, dan Bela Rasa. “Iman yang teguh menghasilkan persaudaraan sejati, sementara persaudaraan sejati diungkapkan dalam belarasa kepada sesama dan alam semesta”.

Paus Fransiskus adalah Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970.

Sembilan belas tahun kemudian, Paus Santo Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Sekarang sesudah 35 tahun, Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

(rca)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *