Kemenag Laporkan 41.189 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Madinah



loading…

Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan jumlah calon jemaah haji asal Indonesia yang sudah tiba di Madinah sebanyak 41.189 orang. Foto?SINDOnews/Andryanto Wisnuwidodo

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menyebutkan jumlah calon jemaah haji asal Indonesia yang sudah tiba di Madinah sebanyak 41.189 orang. Hal itu berdasarkan laporan petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi pada Jumat 17 Mei 2024 atau pada hari Sabtu (18/5/2024) pukul 01.00 WIB.

Tim Media Center Kemenag, Widi Dwinanda menyebutkan puluhan ribu calon jemaah haji Indonesia itu tiba di Madinah melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

“Jemaah haji yang sudah tiba melalui Bandara Amir Bin Abdul Aziz Madinah berjumlah 41.189 orang yang terbagi dalam 170 kelompok terbang,” ujar Widi melalui keterangan persnya, Sabtu (18/5/2024).

Windi juga menyebutkan jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Madinah. “Jumlah jemaah haji yang wafat di Madinah secara keseluruhan hingga hari ini yaitu sebanyak empat orang,” jelasnya.

Sekadar informasi, operasional penyelenggaraan ibadah haji memasuki hari keenam setelah dimulai pada 12 Mei lalu. Tahun ini, Indonesia mendapat kuota sebanyak 241 ribu jemaah haji yang sekaligus menjadikan kuota terbesar sepanjang pelaksanaan ibadah haji di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, terbagi menjadi 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaaah haji khusus. Jemaah haji reguler tersebut, terbagi dalam 554 kloter yang akan diberangkatkan secara bertahap dalam dua gelombang.

Gelombang pertama, jemaah haji akan tinggal terlebih dahulu di Madinah selama sekitar sembilan hari sebelum menjalani puncak haji di Makkah.

Gelombang kedua jemaah haji akan diberangkatkan langsung ke Makkah untuk menjalani puncak haji lalu ke Madinah.

(kri)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *