Karier Polisi Komjen Ahmad Luthfi Perwira Polri Nonakpol


loading…

Karier polisi Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Ahmad Luthfi diulas dalam artikel ini. Foto/Ahmad Antoni

JAKARTA – Karier polisi Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Ahmad Luthfi diulas dalam artikel ini. Perwira Tinggi (Pati) Polri bintang 3 ini bukan anggota polisi yang berasal dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Luthfi gabung ke Korps Bhayangkara lewat Sekolah Perwira (Sepa) Militer Sukarela (Milsuk) Polri pada 1989 yang berpengalaman dalam bidang intelijen keamanan. Selain Sepa Milsuk Polri, dia mengikuti sejumlah pendidikan kepolisian lainnya, Selapa Polri (2000), Sespim Polri (2005), serta Lemhannas Program Pendidikan Reguler Angkatan atau PPRA (2017).

Sedangkan sejumlah pendidikan kejuruannya adalah Diktap Polri (1992), Daspa Serse (1994), dan Dikjur Pa Provos (1995). Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 22 November 1966 ini diusung Partai Gerindra maju ke Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng).

Setelah digadang-gadang untuk Pilkada Jateng, Luthfi dimutasi dari jabatan Kapolda Jateng menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag). Setelah dimutasi, pangkat Luthfi naik dari Bintang 2 atau Inspektur Jenderal (Irjen) menjadi Komjen atau Bintang 3.

Upacara kenaikan pangkat Luthfi bersamaan dengan 16 Pati Polri lainnya di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Karier Polisi Komjen Ahmad Luthfi

Karier Polisi Komjen Ahmad Luthfi Perwira Polri Nonakpol

Karier polisi Luthfi diawali dengan menjabat Kapolres Batang pada 2008. Kemudian, sejak 2010 dia dipercaya menjabat Wadir Intelkam Polda Jateng.

Selanjutnya, dia digeser menjadi Wakapolresta Surakarta pada 2011. Kariernya makin cemerlang. Pada 2015, dia menjabat Kapolresta Surakarta.

Setelah itu, dia dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Sosbud Baintelkam Polri pada 2017, Wakapolda Jawa Tengah (2018), dan Kapolda Jawa Tengah (2020-2024).

(rca)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *