Jelang Penutupan, Pendaftar Capim dan Dewas KPK Tembus 844 Orang



loading…

Pendaftaran Capim dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK akan ditutup pada Senin, 15 Juli 2024 pada pukul 23.59 WIB. Foto/SINDOnews/Gedung KPK

JAKARTA – Pendaftaran Calon Pemimpin (Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan ditutup pada Senin, 15 Juli 2024 pada pukul 23.59 WIB. Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK, Arif Satria.

Arif menyebut, hingga malam ini tepatnya pukul 20.15 WIB tercatat 844 orang yang mendaftar.

“Jumlah registrasi akun sebanyak 844 orang. Dan yang telah melakukan pendaftaran, dengan menyertakan dokumen sebanyak 468 orang,” kata Arif Satria dikutip dari keterangan resminya.

Dari data yang masuk, Arif juga mengatakan jumlah pendaftar capim KPK 280 orang dengan rincian 261 laki-laki dan 19 perempuan.

“Sementara jumlah pendaftar calon dewas KPK sebanyak 188 orang. Dengan komposisi 167 orang laki-laki dan 21 perempuan,” tutur Arif.

“Latar belakang pendaftar antara lain: dari ASN, akademisi, aparat penegak hukum, lembaga negara, swasta, praktisi dan juga dari Civil Society Organization,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Pansel Capim dan Dewas KPK periode 2024-2029 membuka pendaftaran mulai 26 Juni 2024.

Sesudah masa pendaftaran selesai, panitia seleksi bertugas melakukan verifikasi berkas sesuai persyaratan. Nama-nama pendaftar yang lolos verifikasi akan diumumkan kepada publik hari Rabu tanggal 24 Juli 2024.

Nantinya, 10 nama yang memenuhi kriteria berdasarkan proses seleksi sebagai kandidat Pimpinan KPK dan 10 nama calon Dewas KPK, akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Kemudian, Presiden mengirim para kandidat ke DPR RI untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR.

(maf)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *