Elektabilitas 52,2%, Kans Ridwan Kamil Menang Pilgub Jabar Besar



loading…

Kans Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil menang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024 dinilai besar. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Kans Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil menang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024 dinilai besar. Elektabilitas pria yang akrab disapa RK atau Kang Emil ini pun tertinggi dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk Peluang Calon-calon Gubernur dalam Pilkada Provinsi Jawa Barat yang diumumkan pada Jumat 7 Juni 2024.

“Kalau menurut saya ya Mas Ridwan Kamil punya kans besar karena dia baru satu periode,” ujar Analis Komunikasi Politik Universitas Padjajaran, Kunto Adi Wibowo dihubungi wartawan, Minggu (9/6/2024).

Kunto mengungkapkan elektabilitas mantan Gubernur Jabar tersebut di berbagai lembaga survei juga cukup tinggi. “Kemarin juga hasil beberapa lembaga survei elektabilitas beliau cukup tinggi, sehingga kansnya untuk ke Jawa Barat juga besar,” katanya.

Diketahui, berdasarkan hasil survei yang dilakukan SMRC pada 27 Mei-2 Juni 2024, Ridwan Kamil mendapat dukungan tertinggi, yakni 52,2% dalam simulasi pilihan semi terbuka dengan daftar 27 nama calon gubernur.

Selanjutnya disusul Dedi Mulyadi dengan raihan 28,9%, Deddy Mizwar 3,8%, Dede Yusuf 1,9%, serta nama-nama lain di bawahnya. Ada 1,4% yang belum menjawab.

Ridwan Kamil juga tertinggi di top of mind pada survei SMRC tersebut dengan elektabilitas 25,2%. Survei tersebut dilakukan terhadap 810 responden yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) di Provinsi Jawa Barat, dengan metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling).

(kri)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *