Daftar Komandan Koopssus TNI dari Masa ke Masa, Pemimpin Pasukan Super Elite Kopassus, Denjaka, dan Kopasgat


loading…

Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI merupakan pasukan super elite gabungan tiga pasukan khusus Denjaka, Kopassus, dan Kopasgat. Foto/Antara

JAKARTA – Daftar Komandan Koopssus TNI dari masa ke masa menarik untuk diulas. Sebab, mereka memimpin pasukan elite yang berasal dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL, dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU.

Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI pasukan elite yang diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada 30 Juli 2019 yang bertugas menanggulangi aksi-aksi terorisme. Peresmian tersebut berdasarkan Perpres Nomor 42 Tahun 2019 yang menegaskan tugas TNI dalam mengatasi aksi terorisme, merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Koopssus TNI bisa disebut sebagai pasukan “super elite” dari para “elite”. Pasalnya, prajurit dalam satuan tersebut merupakan gabungan dari tiga pasukan elite tiga matra yaitu, Satgultor-81 dari Kopassus, Denjaka dari TNI AL, Satbravo-90 dari Kopasgat TNI AU.

Operasi khusus yang dilakukan Koopssus TNI mencakup operasi di dalam maupun luar negeri yang berkaitan dengan penanggulangan terorisme, kasus teror yang mengancam ideologi, kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan Indonesia. Koopssus bertugas menanggulangi aksi-aksi terorisme sebagai penangkal, penindak, dan pemulih terorisme di dalam dan luar negeri.

Sebanyak 80% kegiatan Koopssus adalah intelijen (surveillance) alias observasi jarak dekat, sementara 20% lainnya adalah penindakan. Orang-orang yang terpilih ke dalam Koopssus merupakan prajurit yang memiliki kualifikasi untuk melakukan berbagai jenis operasi khusus, baik di dalam maupun luar negeri yang menuntut kecepatan dan keberhasilan yang tinggi. Hanya saja Koopsus berada dalam wadah Badan Pelaksana Pusat yang secara struktural komando langsung di bawah Panglima TNI. Tujuannya untuk memudahkan dalam penerjunan pasukan.

Lambang Koopssus terdiri dari tiga anak panah dan garis busur yang berada dalam bentuk segi lima. Lambang itu memiliki dasar berwarna hitam. Pasukan ini memiliki 400 anggota surveillance, serta satu kompi penindak. Secara materil kemampuan tempur mereka sama dengan pasukan elite yang ada di matra asal mereka. Hanya saja mereka kini berada di tingkat Mabes TNI. Koopssus dipimpin Komandan Koopssus TNI (Dankoopssus TNI) setingkat Mayor Jenderal (Mayjen) TNI alias jenderal bintang dua yang bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

Berikut ini daftar nama Komandan Koopsus TNI:

Daftar Komandan Koopssus TNI dari Masa ke Masa, Pemimpin Pasukan Super Elite Kopassus, Denjaka, dan Kopasgat

1. Mayjen TNI (Purn) Rochadi

Mayjen TNI (Purn) Rochadi merupakan komandan pertama Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI. Pengangkatan Rochadi sebagai Dankoopssus TNI bukan tanpa alasan, pria kelahiran Jakarta 1 Juni 1962 ini merupakan sosok prajurit yang kenyang dengan pengalaman tugas operasi baik di dalam maupun di luar negeri.

Abituren Akademi Militer (Akmil) pada 1986 dari kecabangan Infanteri Kopassus ini pernah mendapat tugas operasi di Timor Timur (Timtim) sekarang bernama Timor Leste sebanyak dua kali pada 1989 dan 1994. Karena dedikasinya di medan operasi, Rochadi menerima medali kehormatan Satyalancana Seroja.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *