Bukan Politikus Murni, Ilham Habibie Siap Hadapi Dunia Politik



loading…

Bakal Cagub Jabar 2024 Ilham Habibie dalam tayangan iNews TV, Jumat (9/8/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR

JAKARTA – Putra sulung Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie siap bertarung di kancah perpolitikan Indonesia. Ia yang telah mendapat dukungan dari Partai NasDem di Pilgub Jawa Barat (Jabar).

“Saya kira harus siap, jadi memang kita harus siap dengan itu (dunia politik),” kata Ilham Habibie dalam tayangan iNews TV, Jumat (9/8/2024).

Meski bukan politisi murni, Ilham Habibie mengaku tak khawatir maju di dunia politik. Pria dengan latar belakang pendidikan sebagai sarjana teknik itu mengaku punya cara tersendiri.

“Ya ada caranya gimana bisa kita menangani hal itu, selama kita tidak berbuat sesuatu yang tidak legal. Karena memang tidak ada salahnya, kalau ada yang mau kritik silakan. Tapi kalau memang kita berbuat salah dan tidak legal ya memang kita harus dihukum,” ujarnya.

Ia membeberkan dua alasan yang membuatnya tertarik terjun dalam Pilgub Jabar. Pertama, karena dirinya merasa punya kelekatan emosional dengan Provinsi Jabar. Sebab sejak memutuskan kembali ke Indonesia setelah lama tinggal di luar Negeri, wilayah yang dia pilih Bandung.

“Ada hubungan emosional attachment, saya punya kedekatan dengan Jawa Barat dan Bandung,” kata Ilham Habibie.

Kedua, katanya, Jabar memiliki peranan khusus dalam rencana menjadi negara maju atau Indonesia Emas 2045. Dia menyebut, untuk menjadi negara maju suatu negara perlu memiliki industri yang kuat dan maju.

“Lebih dari 55% industri kita di Indonesia, di 38 Provinsi, satu Provinsi megang lebih dari 50% di Jawa Barat,” ucapnya.

Secara pribadi, Ilham merasa sudah memiliki pengalaman yang cukup baik untuk memimpin Jabar yang menjadi provinsi nomor satu soal industri. “Nah saya merasa saya punya latar belakang yang terkait dengan industri. Saya insinyur, saya punya usaha yang terkait di bidang industri, saya pernah menjadi profesional industri baik di Indonesia dan luar negeri, jadi saya punya pengalaman,” katanya.

Sebelumnya, Ilham Habibie telah berkunjungan ke Kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024). Putra sulung Presiden ke-3 RI BJ Habibie itu didampingi Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Taslim.

Sebagai informasi, Ilham Habibie saat ini sudah mendapatkan dukungan dari Nasdem untuk maju Pilgub Jabar 2024. Kendati demikian, masih perlu dukungan partai lain untuk berkoalisi dan terus merajut komunikasi salah satunya dengan PKS.

(abd)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *