Bantuan Kemanusian Rp3,61 Miliar Disalurkan untuk Rakyat Palestina



loading…

Serah terima bantuan Palestina tahap V dilakukan di Rumah Quran BSI (Bina Santri Indonesia) Parung, Rabu (19/6/2024). FOTO/IST

JAKARTA – Bantuan kemanusiaan tahap V sebesar Rp3,61 miliar kembali disalurkan untuk rakyat Palestina oleh BSI Maslahat melalui Al-Khair Foundation. Hingga tahap ini total bantuan yang disalurkan telah mencapai Rp12,31 miliar.

Di momen Hari Raya Iduladha, bantuan disalurkan dalam bentuk daging potong dari 202 ekor sapi yang penyembelihannya dilakukan di Afrika Selatan. Daging kemudian akan dikemas menjadi daging dalam kemasan sebanyak 55.150 kaleng dengan total penerimaan manfaat sebanyak 11.030 keluarga.

Serah terima bantuan Palestina tahap V dilakukan di Rumah Qur’an BSI (Bina Santri Indonesia) Parung, Rabu (19/6/2024) yang dihadiri oleh Direktur Al-Khair Foundation Southeast Asia, Mohab Alamawi; Sekretaris Al-Khair Foundation Southeast Asia, Desi Astuti; Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro; Direktur Program Care & Humanity BSI Maslahat, Ilham Syahputra.

Hewan potong disembelih pada Hari Raya Iduladha sampai dengan 3 hari tasyrik. Setelah itu daging yang telah dipotong dibekukan lalu dimasak dan dikemas dalam kaleng sebelum nantinya dibagikan kepada warga Palestina.

Untuk proses pemotongan, pengemasan dan pendistribusian membutuhkan waktu kurang lebih selama 45-60 hari. Bantuan akan disalurkan melalui rute Amman, Jordan-King Hussein Bridge-Border Crossing-Jerusalem-Hebron dan akan diterima di Gaza Utara atau melalui jalur lainnya sesuai kondisi saat bantuan akan disalurkan.

Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro mengatakan, momen Iduladha pihaknya terus berupaya menebar maslahat khususnya kepada rakyat Palestina. “Ini merupakan salah satu wujud kemaslahatan di momentum Iduladha. Semoga bantuan ini bisa membantu para warga palestina yang kekurangan pasokan makanan,” kata Sukoriyanto dalam keteranganya, Sabtu (22/6/2024).

Direktur Al-Khair Foundation Southeast Asia, Mohab Alamawi mengucapkan terima kasihnya kepada para donatur BSI Maslahat. “Terima kasih kepada para donatur BSI Maslahat yang telah mempercayakan amanat ini kepada kami. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi para warga Palestina,” katanya.

Di fase sebelumnya, BSI Maslahat juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaan Palestina tahap 4 melalui Al-Khair Foundation sebesar Rp4,3 miliar yang disalurkan dalam bentuk paket sembako dan tepung gandum, paket makanan hangat Gaza Utara dan Gaza Selatan, parsel makanan, paket iftar, paket hygiene, dan penyediaan toilet umum.

Penyaluran bantuan tahap 3 juga melalui Al-Khair Foundation sebesar Rp2,1 miliar dengan total 1,06 juta penerima manfaat untuk rakyat Palestina berupa bantuan musim dingin, makanan siap saji, dan makanan hangat. Penyaluran tahap 2 telah dilakukan melalui Baznas dengan total bantuan sebesar Rp1,3 miliar.

Sedangkan, Penyaluran Tahap 1 telah disalurkan melalui Al-Khair Foundation dengan total bantuan sebesar Rp1 miliar dan total penerima manfaat sebanyak 13.234 orang.

(abd)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *