Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesia yang Identik dengan TNI AD



loading…

Arti baret hijau dapat memberikan informasi terkait satuan yang ada dalam TNI AD, salah satunya Kostrad, kesatuan tempur terbesar TNI AD. Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA – Arti baret hijau dapat memberikan informasi terkait satuan yang ada dalam TNI AD . Di TNI, baret memiliki warna yang berbeda-beda untuk setiap kesatuannya.

Baret merupakan topi berbentuk lingkaran pipih yang menjadi sebuah kebanggaan pasukan TNI. Untuk mendapatkan baret bagi seorang prajurit tentu bukanlah perkara mudah.

Sebab, ada beberapa baret yang harus diperoleh melalui pelatihan keras. Dalam TNI, terdapat beberapa warna baret yang menjadi identitas suatu kesatuan.

Misalnya, baret merah untuk kesatuan Kopassus, baret biru yang dikenakan Polisi Militer, baret jingga yang dipakai Korps Pasukan Khas (Kopaskhas), hingga baret hitam yang digunakan pasukan Kavaleri.

Arti Baret Hijau

Tidak seperti baret berwarna lain yang penggunaannya khusus untuk kesatuan tertentu, baret hijau dalam militer Indonesia ini sifatnya lebih umum.

Karena baret ini banyak digunakan di lingkungan Markas Besar TNI AD, Markas Kodam, serta satuan teritorial seperti Kodim dan Koramil. Baret yang digunakan ini memiliki warna hijau terang dengan simbol Kartika Eka Paksi yakni lambang burung Garuda dengan perisai Merah Putih dan satu bintang di atasnya.

Selain itu, baret hijau juga digunakan kecabangan Infanteri dari tingkat Pusat Kesenjataan Infanteri (Pusenif) hingga tingkat pasukan yaitu Batalyon Infanteri.

Tidak hanya itu, satuan tempur terbesar TNI AD yaitu Kostrad juga turut menggunakan baret berwarna hijau. Namun, untuk satuan ini warna hijau yang digunakan cenderung lebih tua.

Karena itulah baret hijau sangat identik dengan matra TNI AD karena banyak kesatuan mereka yang menggunakan warna baret ini.

(jon)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *