Alasan Chaowalit Thongduang Buronan Thailand Ngumpet di Indonesia Ketimbang India


loading…

Konferensi pers tentang penangkapan buronan yang paling dicari Thailand Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node. Foto/Irfan Maruf

JAKARTA – Buronan yang paling dicari Thailand Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node ditangkap polisi di Badung, Bali pada Kamis (30/5/2024). Dia menyamar dengan berganti nama menjadi Sulaiman.

Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Brigjen Mukti Juharsa mengungkapkan bahwa Chaowalit Thongduang sempat ke India sebelum ke Indonesia. Di Indonesia, Chaowalit bersembunyi selama tujuh bulan.

Chaowalit memilih bersembunyi di Indonesia karena wajahnya yang lebih mirip dengan orang Indonesia. “Karena mukanya di India tidak sama dengan muka dia. Dia seperti muka Indonesia. Makanya dia ke Indonesia dengan nama Sulaiman,” kata Mukti di Mabes Polri, Jakarta, Minggu (2/6/2024).

Alasan Chaowalit Thongduang Buronan Thailand Ngumpet di Indonesia Ketimbang India

Mukti menuturkan bahwa Sulaiman mulanya melarikan diri dari Thailand menuju ke India menggunakan jalur laut. Selanjutnya, menuju wilayah Aceh, Indonesia. “Dari Thailand ke India dulu. Baru ke Aceh,” ucap Mukti.

Sulaiman sudah menjadi buronan Royal Thai Police sejak 16 Februari 2024 berdasarkan Red Notice yang dikeluarkan. Sulaiman sudah masuk ke Indonesia pada 8 Desember 2023 melalui jalur perairan laut Thailand.

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan tim gabungan Kepolisian Indonesia, buronan tersebut diketahui berpindah-pindah tempat, mulai di Aceh, beberapa apartemen atau hotel di Medan, hingga akhirnya ditangkap di kawasan Badung, Bali.

(rca)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *