2 Marsekal Madya yang Bertugas di Markas Besar TNI, Sama-sama Jebolan AAU 1990



loading…

Ada dua nama Marsekal Madya (Marsdya) yang aktif bertugas di Markas Besar (Mabes) TNI. Mereka adalah Marsdya M Khairil Lubis dan Marsdya TNI Arif Widianto. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Ada dua nama Marsekal Madya (Marsdya) yang aktif bertugas di Markas Besar (Mabes) TNI . Mereka sama-sama berasal dari lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1990.

Marsdya merupakan pangkat TNI yang masuk golongan perwira tinggi (Pati). Setara bintang tiga, posisinya setingkat lebih tinggi dari Marsekal Muda (bintang 2) dan satu tingkat di bawah Marsekal (bintang 4).

Saat ini, tercatat ada tujuh pemegang pangkat Marsekal Madya di TNI. Beberapa di antaranya bertugas di Markas Besar (Mabes TNI). Siapa saja?

Marsekal Madya Bertugas di Markas Besar TNI

1. Marsdya TNI M Khairil Lubis, Pangkogabwilhan II

Marsdya TNI Muhammad Khairil Lubis merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara. Saat ini, ia bertugas sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II.

Melihat ke belakang, jabatan Pangkogabwilhan II didapat Khairil Lubis ketika menggantikan Mohamad Tonny Harjono. Sertijab dilakukan di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis 18 April 2024.

Khairil Lubis lahir pada 5 Januari 1968 di Medan, Sumatera Utara. Artinya, ia sudah memasuki usia ke-56 tahun.

Beralih ke riwayat kariernya, Khairil Lubis merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1990. Pada sepak terjangnya, ia sudah banyak mencicipi posisi-posisi penting.

Sebelum menjadi Pangkogabwilhan II, Khairil Lubis aktif bertugas sebagai Asisten Logistik (Aslog) KSAU. Waktu itu, ia menggantikan Fadjar Sumarijadji.

Lebih jauh, Khairil Lubis juga pernah menjadi Kaskoopsau II (2017-2018), Waasops Panglima TNI (2018-2019) hingga Pangkoopsau I (2019-2020). Setelah itu, ia dipercaya mengisi jabatan lain seperti Pangkohanudnas (2020-2021) dan Asops KSAU (2021-2023).

2. Marsdya TNI Arif Widianto, Dansesko TNI

Berikutnya ada nama Marsdya TNI Arif Widianto. Saat ini, ia aktif bertugas sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando (Dansesko) TNI.

Posisi Dansesko TNI didapat Arif pada April 2024 lalu. Sebelumnya, ia menggantikan Samsul Rizal yang dirotasi menjadi Dosen Tetap Universitas Pertahanan (Unhan).



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *