Uni Eropa Disarankan Melawan China, Perang Dagang Berikutnya?



loading…

Uni Eropa (UE) disarankan untuk menantang Amerika Serikat (AS) dan China secara strategi, seperti disampaikan Ketua antimonopoli Uni Eropa Margrethe Vestager. Foto/Dok

JAKARTAUni Eropa (UE) disarankan untuk menantang Amerika Serikat (AS) dan China secara strategi, dimana menurut Ketua antimonopoli Uni Eropa Margrethe Vestager bahwa, keduanya tidak cocok secara ekonomi.

Margrethe Vestager mengatakan kepada CNBC, bahwa Uni Eropa telah menjadi “jauh lebih baik” dalam mempertahankan diri terhadap praktik perdagangan yang tidak adil. Ia juga menegaskan, bakal terus mencari cara untuk bersaing secara adil dengan mitra ekonominya.

“Intinya adalah untuk menyadari bahwa kita tidak akan pernah bisa mengeluarkan uang lebih banyak dari China atau AS,” kata Vestager.

Namun Ia mengungkapkan, “Kita bisa membelanjakan secara strategis.”

Lebih lanjut Ia mengutip dana sebesar 100 miliar euro yang bakal dibelanjakan UE untuk 10 sektor teknologi mutakhir, termasuk di dalamnya hidrogen, baterai listrik, mikroelektronika, cloud dan kesehatan. Semua itu masuk di antara investasi strategis Uni Eropa yang katanya memiliki “kepentingan bersama Eropa.”

“Saya pikir, itu adalah cara strategis untuk menggunakan uang dari pembayar pajak, berkerumun di modal swasta, untuk mendapatkan apa yang tidak akan diberikan pasar,” ungkap Vestager berpendapat.

Kepala antimonopoli Uni Eropa mengatakan blok itu tidak “meniru” mitra dagangnya dengan menerapkan langkah-langkah tersebut.

Pernyataan itu muncul ketika AS telah banyak berinvestasi dalam teknologi, energi bersih, manufaktur, dan infrastruktur melalui Undang-Undang Pengurangan Inflasi 2022 senilai USD430 miliar. Sementara itu China, terus mengucurkan uang ke industri teknologi dan sektor hijaunya.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *