Tol IKN yang Dicoba Jokowi dan Artis Telan Biaya Rp6,8 triliun



loading…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan biaya pembangunan Tol IKN sebesar Rp6,8 triliun. Foto/Dok

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengecek secara langsung kemulusan jalan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang sebentar lagi bakal rampung. Dalam kegiatan itu, Jokowi mengundang para penggiat seni dan influencer di Tanah Air. Mulai dari Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, hingga Dian Ayu Lestari.

Lalu berapa biaya pembangunan tol IKN itu? Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa biaya pembangunan tol IKN Rp6,8 triliun. Rencannya tol IKN sepanjang 27 Km akan beroperasi secara gratis untuk perayaan upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024.

Basuki mengatakan saat ini progres pembangunan Tol IKN sudah berjalan untuk 3 seksi. Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

“Sepanjang 27 KM dari Balikpapan melalui Tol Balsam sampai ke Jembatan Pulau Balang, itu yang akan kita manfaatkan pada 17 agustus 2024 sebanyak 3 lajur. Belum bertarif masih fungsional,” ujar Menteri Basuki dikutip Sabtu (3/8/2024)

“Secara fisik tidak ada hambatan, tetapi ada sedikit hambatan di lokasinya, tetapi kita upayakan akan selesai semua Agustus,” kata Menteri Basuki.

Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN yang semulanya apabila melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

(fch)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *