Sejarah Berdirinya Indofarma yang Kelilit Pinjol Rp1,26 M, BUMN Ini Sudah Ada Lebih 10 Dekade



loading…

Nama PT Indofarma Tbk, belakangan menjadi perbincangan karena BUMN farmasi itu sampai terjerat Pinjol hingga miliaran rupiah. Berikut sejarah berdirinya Indofarma, yang ternyata sudah ada lebih dari 10 dekade. Foto/Dok

JAKARTA – Nama PT Indofarma Tbk, belakangan menjadi perbincangan karena BUMN farmasi itu sampai terjerat Pinjol (Pinjaman Online) miliaran rupiah. Terlebih yang secara mengejutkan, perseroan menggunakan nama karyawan untuk melakukan pinjaman, meski diklaim utang Rp1,26 miliar sudah dilunasi.

Berikut adalah sejarah berdirinya Indofarma, yang ternyata sudah ada lebih dari 10 dekade. Seperti dilansir lama resmi perusahaan, PT Indofarma berawal dari sebuah pabrik skala kecil di lingkungan Rumah Sakit Pusat Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1918.

Saat itu perseroan memproduksi beberapa jenis salep dan kasa pembalut yang menjadi cikal bakal berdirinya PT Indonesia Farma Tbk atau disingkat PT Indofarma Tbk saat ini. Kini, Indofarma telah menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendukung program Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Status Perseroan berubah menjadi badan hukum berbentuk Perusahaan Umum Indonesia Farma (Perum Indofarma) pada 11 Juli 1981. Lalu status Perseroan kembali berubah pada tahun 1996 menjadi PT Indofarma (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) No. 34 tahun 1995 dengan akta pendirian berdasarkan Akta No. 1 tanggal 2 Januari 1996 yang diubah dengan Akta No. 134 tanggal 26 Januari 1996.

Pada tahun 2012, perusahaan ini mulai mengkomersialisasi unit usahanya yang memproduksi peralatan pabrik farmasi, yakni Indomach. Pada tahun 2013, melalui Indofarma Global Medika, perusahaan ini mendirikan PT Farmalab Indoutama untuk berbisnis di bidang laboratorium pengujian ekivalensi dan klinis.

Selanjutnya pada bulan Januari 2020, pemerintah resmi menyerahkan mayoritas saham perusahaan ini ke Bio Farma, sebagai bagian dari upaya untuk membentuk holding BUMN yang bergerak di bidang farmasi

Hingga tahun 2020, perusahaan ini memproduksi 222 jenis obat dan 106 jenis alat kesehatan. Jenis obat Indofarma cukup lengkap mulai dari obat bebas seperti paracetamol sampai dengan obat keras yang harus menggunakan resep dari dokter.

Indofarma memiliki anak usaha bernama PT Indofarma Global Medika yang bergerak di bidang distribusi obat dan alat kesehatan. Didirikan pada tanggal 4 Januari 2000 dengan 99,99% sahamnya dipegang oleh Indofarma dan sisanya dipegang oleh Koperasi Pegawai Indofarma. Perusahaan yang telah berusia lebih dari 20 tahun ini memiliki 29 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Indofarma Kesulitan Keuangan

Kini setelah beberapa abad kemudian, Indofarma mengalami kesulitan keuangan. Kondisi keuangan yang memburuk, bahkan membuat PT Indofarma (Persero) Tbk menunggak pembayaran gaji karyawan sejak Januari 2024.

Bahkan akibat permasalahan keuangan, anak usaha PT Bio Farma (Persero) itu terseret ke dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) sementara.

Wakil Menteri atau Wamen BUMN, Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko mengaku, kondisi keuangan Indofarma sangat berat. Sehingga dilakukan penyelamatan melalui skema restrukturisasi. Aksi serupa juga dibantu oleh Bio Farma, selaku induk perusahaan.

“Karena sekarang kondisinya lagi berat sekali. Jadi nanti Biofarma akan melakukan penyelamatan sebagai holding. Nanti akan dimasukkan ke cost Biofarma,” ungkap Tiko saat ditemui wartawan di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2024).

Berikut Timeline Sejarah Berdirinya Indofarma

– 1918
Awal Berdiri

Berawal dari unit produksi kecil di Rumah Sakit Pusat Pemerintah Hindia Belanda yang memproduksi salep dan kasa pembalut.

– 1931
Pemindahan Unit Produksi

Unit produksi dipindah ke Manggarai, kemudian dikenal sebagai “Pabrik Obat Manggarai”, dan mulai memproduksi tablet dan injeksi.

– 1942
Peralihan Penjajahan Jepang

Diambil alih oleh Pemerintah Jepang di bawah Manajemen Takeda Pharmaceuticals

– 1950
Peralihan Pemerintah Indonesia

Diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia di bawah pengelolaan Departemen Kesehatan.

– 1981
Berubah Menjadi Perum

Berubah status menjadi Perusahaan Umum Indonesia Farma (Perum Indofarma).



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *