Sanksi Barat Mandul, PDB Rusia Tumbuh 5,4% di Kuartal I-2024



loading…

Geliat ekonomi Rusia tak terpengaruh oleh hujan sanksi ekonomi yang diberikan Barat. FOTO/Ilustrasi/Dok.

JAKARTA – Badan statistik negara Rusia, Rosstat dalam laporan pendahuluannya menyebutkan, produk domestik bruto (PDB) negara itu tumbuh kuat sebesar 5,4% (year on year/yoy) pada kuartal pertama tahun 2024. Capaian itu jauh di atas pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal I-2024 yang hanya sebesar 1,6%.

Melansir Russia Today, Minggu (19/5/2024), Rosstat memperkirakan Rusia mengalami pertumbuhan yang kuat dalam omzet ritel (naik 10,5%), manufaktur (naik 8,8%) dan konstruksi (3,5%) pada bulan Januari-Maret 2024. Data Rosstat sejalan dengan perkiraan sebelumnya dari Kementerian Perekonomian, namun melebihi perkiraan Bank Rusia yang memprediksi pertumbuhan 4,6% dan ekspektasi analis sebesar 5,3%.

Badan tersebut akan mempublikasikan data PDB Rusia yang lebih terinci pada pertengahan Juni mendatang. Menurut perkiraan sebelumnya dari Bank Rusia, pertumbuhan PDB diperkirakan akan melambat pada kuartal kedua karena pengetatan kondisi fiskal. Namun, regulator memperkirakan permintaan konsumen dan investasi akan tetap tinggi dan terus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Data positif ini mengemuka di tengah terpaan bertubi-tubi sanksi Barat yang diberlakukan sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina pada Februari 2022. Sanksi tersebut berkisar dari memasukkan sebagian besar bank Rusia ke dalam daftar hitam dan memotong sistem pesan antarbank SWIFT, hingga membekukan cadangan devisa Rusia senilai USD300 miliar.

Akibatnya, PDB Rusia mengalami penurunan pada tahun 2022, terkontraksi 1,2%. Namun data tahun 2023 menunjukkan perekonomian negara itu pulih dan mencatatkan pertumbuhan sebesar 3,6%. Banyak analis yang mengaitkan kinerja ini dengan poros perdagangan Rusia ke Timur, dan kebijakan ekonomi yang diterapkan untuk mengimbangi dampak pembatasan.

Pada bulan April, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi Rusia akan tumbuh lebih cepat dibandingkan semua negara maju pada tahun 2024. PDB diperkirakan akan meningkat sebesar 3,2%, melebihi tingkat pertumbuhan yang diharapkan di AS (2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%) dan Perancis (0,7%).

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov sebelumnya memperkirakan pertumbuhan PDB pada tahun 2024 akan sama dengan tahun lalu, sementara Bank Rusia lebih berhati-hati dalam prediksinya, memperkirakan pertumbuhan sebesar 2,5-3,5%.

(fjo)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *