Rangkul Dedolarisasi, BRICS Salip G7 di Bidang Ekonomi Utama



loading…

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Presiden China Xi Jinping sebelum pertemuan dalam KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, 16 September 2022. Foto/Sputnik/Sergey Bobylev/Reuters

JAKARTA – Di tengah pertumbuhan aliansi BRICS yang terus berlanjut, Dana Moneter Internasional (IMF) baru-baru ini menyoroti blok ini memimpin kelompok G7 dalam empat bidang ekonomi utama. Memang, mereka mencatat bahwa kesenjangan antara blok Barat dan kelompok Global South semakin berkurang.

Kelompok BRICS mengambil langkah besar menuju pertumbuhan pada 2023. Secara khusus, blok ini menyambut empat anggota tambahan dalam upaya ekspansi pertamanya sejak tahun 2001. Aliansi ini melihat Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Ethiopia, dan Iran bergabung dengan barisannya. Jumlah tersebut bisa bertambah lebih besar lagi seiring dengan semakin dekat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS di Kazan, Rusia.

Beberapa tahun terakhir ini sangat penting bagi blok BRICS. Mereka telah dengan tegas merangkul dedolarisasi dalam skala global. Selain itu, mereka telah mendorong upaya-upaya tersebut ke tingkat yang lebih tinggi. Menciptakan realitas geopolitik di mana negara-negara mencari cadangan global di luar dolar AS.

Selain itu, pertumbuhan PDB-nya telah mengalami perkembangan yang masif. Sejak tahun 2010, blok ini telah mengalami peningkatan GPD (PPP), sedangkan G7 mengalami penurunan.

Data menunjukkan bahwa tahun lalu blok BRICS secara resmi melampaui G7 pada tahun 2023, ketika Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 32%, dibandingkan dengan G7 yang hanya 29%. Itu bukan satu-satunya area di mana kedua belah pihak mengalami peningkatan tantangan.

Menurut data IMF, yang dilansir dari WatcherGuru, BRICS memimpin G7 dalam empat bidang penting. Hal ini mencakup pangsa PDB dalam hal populasi dunia, produksi minyak global dan kontribusi masing-masing terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Baca Juga: Israel dan AS Disalahkan atas Ledakan Ribuan Pager di Lebanon usai Peringatan Eskalasi

Kelompok BRICS telah mengalami peningkatan pangsa populasi dunia menjadi 45% setelah ekspansi terakhirnya. Sementara itu, kelompok G7 hanya memiliki 30% dari populasi tersebut. Hal ini dengan jelas mengidentifikasi sekelompok orang yang tidak diuntungkan oleh sistem ekonomi Barat.

Selain itu, produksi minyak didominasi oleh negara-negara BRICS. Kelompok ini memiliki 41% dari seluruh produksi, sedangkan G7 hanya memiliki 29%. Hal ini dipengaruhi oleh masuknya UEA dan kerja sama Arab Saudi.

Meskipun Riyadh belum bergabung dengan blok ini, Riyadh baru-baru ini menginvestasikan USD5 miliar untuk meningkatkan kemitraannya dengan kelompok ini. Terakhir, kelompok BRICS memimpin dalam hal kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Baca Juga: BRICS Pay Siap Diluncurkan di Kazan Rusia, Tantang Hegemoni Dolar AS

BRICS berkontribusi 44% terhadap G7 yang hanya 20%, sebuah indikasi lain dari perubahan ini. Dengan ekspansi yang terus berlanjut, dan perkiraan pertumbuhan untuk negara-negara yang berpartisipasi, kesenjangan ini akan terus melebar.

(nng)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *