Profil Bahlil Lahadalia yang Digadang-Gadang Bakal Digeser Jadi Menteri ESDM Hari Ini



loading…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia digadang-gadang bakal dilantik menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif hari ini, berikut profil singkatnya. Foto/Dok

JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia digadang-gadang bakal dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif hari ini, Senin (19/8/2024).

Diketahui Istana membenarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada pagi ini. Selain menteri, Jokowi juga akan melantik wakil menteri dan kepala badan.

Padahal saat ini, Bahlil masih menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM. Isu digesernya Bahlil menjadi Menteri ESDM sudah ramai diberitakan beberapa media nasional setidaknya sejak Akhir Juli 2024.

Lantas siapa sosok Bahlil Lahadalia?

Bahlil Lahadalia lahir di Banda, Maluku pada 7 Agustus 1976. Ia mengenyam pendidikan SD hingga SMP di Seram Timur Maluku. Namun setelah itu, dirinya pindah ke Fak-Fak Papua.

Bahlil meneruskan kuliahnya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Jayapura, dia bekerja di perusahaan milik negara. Selama menjadi mahasiswa. Bahlil aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan dipercaya menjabat Bendahara Umum Pimpinan Nasional HMI.

Bahlil juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) pada periode 2015-2019 lalu.

Bersama teman-temannya, Bahlil kemudian mendirikan tiga perusahaan bernama PT Rifa Capital, PT Bersama Papua Unggul dan PT Dwijati Sukses. Saat ini Bahlil memiliki PT Rifa Capital Holding Company dan 10 perusahaan lainnya, dan sebagian besar aktif di sektor transportasi dan properti.

Tak hanya berjaya di sektor ekonomi, nama Bahlil juga berkibar di sektor politik, Dia pernah aktif sebagai anggota Partai Golkar sebelum kemudian berkiprah di kabinet Indonesia Maju.

Sebelum diangkat menjadi Menteri Investasi pada 28 April 2021, Bahlil juga pernah dilantik sebagai Kepala BKPM pada 23 Oktober 2019 lalu.

(akr)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *