Pendiri ChatGPT Sam Altman Berinvestasi ke Lebih dari 400 Perusahaan, Nilainya Rp45,6 T



loading…

Sam Altman, CEO OpenAI adalah salah satu investor individu paling produktif di Silicon Valley, dengan kepemilikan senilai setidaknya mencapai USD2,8 miliar atau setara Rp45,6 triliun pada awal tahun ini. Foto/Dok Reuters

JAKARTASam Altman dan venture funds (perusahaan modal ventura) dilaporkan sudah berinvestasi di lebih dari 400 perusahaan. The Wall Street Journal mengungkapkan, bahwa Altman adalah salah satu investor individu paling produktif di Silicon Valley , dengan kepemilikan senilai setidaknya mencapai USD2,8 miliar atau setara Rp45,6 triliun (Kurs Rp16.312 per USD) pada awal tahun ini.

CEO berusia 38 tahun itu kabarnya tidak memiliki saham di OpenAI , yang baru-baru ini bernilai USD86 miliar. Namun Sam Altman dilaporkan mendapatkan gaji tahunan sekitar USD65,000. Kekayaan bersihnya menurut Bloomberg Billionaires Index, sudah melewati angka USD2 miliar di 2024.

Sebagian besar kekayaan bersihnya berasal dari portofolio investasinya yang luas, mencakup perusahaan besar seperti Reddit dan Stripe. The Journal juga menyebutkan, bahwa Altman juga menarik utang dari JPMorgan, yang memungkinkannya menginvestasikan ratusan juta dolar di dalam startup.

Diungkapkan juga bahwa beberapa startup Altman telah menanamkan uang ke dan juga melakukan bisnis dengan OpenAI, menimbulkan pertanyaan tentang potensi konflik bagi CEO perusahaan AI tersebut.

Contohnya belum lama ini, setelah Reddit mengumumkan kemitraan dengan OpenAI, saham perusahaan melonjak lebih dari 10%, yang meningkatkan saham pribadi Altman sebesar USD69 juta.

Dalam sebuah postingan blog tentang kemitraan, OpenAI mengatakan kesepakatan itu dipimpin oleh chief operating officer perusahaan dan disetujui oleh dewan direksi independennya.

Perwakilan Altman tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Business Insider. Sedangkan ketika dihubungi oleh The Journal, juru bicara Altman menolak mengomentari potensi konflik kepentingan antara OpenAI dan investasi pribadinya.

Chairman dewan OpenAI, Bret Taylor mengatakan, Altman telah “secara konsisten mengikuti kebijakan dan transparan tentang investasinya.”



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *