Optimisme Keyakinan Konsumen Meningkat Jadi 127,7



loading…

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada April 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Foto/Dok

JAKARTASurvei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada April 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2024 sebesar 127,7 atau lebih tinggi dibandingkan 123,8 pada bulan sebelumnya.

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada April 2024 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” tulis Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Senin (13/5/2024).

IKE tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Penghasilan Saat Ini. Berdasarkan data infografis, Indeks Penghasilan sebesar 124,2 di April 2024 dari sebelumnya 118,1 pada Maret 2024.

Untuk Ketersediaan Lapangan Kerja sebesar 117,6 lebih tinggi dibandingkan 111,9 pada bulan sebelumnya. Sedangkan komponen Pembelian Barang Tahan Lama berada di 116,4 lebih tinggi juga dibandingkan 111,4 pada bulan sebelumnya.

IEK juga menguat pada seluruh komponen pembentuknya, utamanya pada Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha. Ekspektasi Penghasilan meningkat jadi 140,6 terutama pada responden dengan pengeluaran >Rp5 juta.

Sedangkan untuk Ekspektasi Lapangan Kerja tetap meningkat 134,8 pada hampir seluruh tingkat pendidikan. Selanjutnya Ekspektasi Kegiatan Usaha meningkat jadi 132,6 pada seluruh tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden.

Perlu diketahui, Survei Konsumen merupakan survei bulanan BI untuk mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi saat ini, yang tercermin dari persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi perekonomian ke depan.

Indeks Keyakinan Konsumen hasil Survei Konsumen merupakan salah satu indikator perkembangan konsumsi rumah tangga dalam PDB.

(akr)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *