Grup Bakrie Bakal Lakukan Kuasi Reorganisasi, Ini Manfaatnya



loading…

PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) berencana melakukan kuasi reorganisasi. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – PT Bakrie & Brothers Tbk. ( BNBR ) berencana melakukan kuasi reorganisasi. Kuasi reorganisasi ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi laporan keuangan konsolidasian.

“Agar dapat menunjukkan posisi keuangan yang lebih baik dan performa Perseroan tanpa dibebani defisit masa lalu,” ujar Direktur & Chief Financial Officer (CFO) BNBR Roy Hendrajanto dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Kamis (16/5/2024).

Menurut dia terdapat lima tujuan dari kuasi reorganisasi yang akan dilaksanakan oleh perseroan. Pertama, dengan aksi korporasi ini Perseroan dapat memulai awal yang baru (fresh start) dengan neraca keuangan yang menunjukkan saldo laba tanpa dibebani defisit masa lampau.

Kedua, memperbaiki struktur ekuitas Perseroan dengan mengeliminasi akumulasi rugi (defisit) dengan menggunakan komponen ekuitas lain seperti agio saham, selisih transaksi dengan pihak non pengendali dan penurunan modal saham.

Ketiga, dengan kondisi neraca keuangan yang menunjukkan nilai sekarang tanpa dibebani defisit masa lampau, Perseroan diharapkan akan lebih mudah memperoleh pendanaan, jika diperlukan, dalam rangka pengembangan usaha.

Keempat, dengan tidak adanya saldo defisit, maka akan dapat memberikan dampak positif bagi para pemegang saham karena Perseroan dapat membagi dividen sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT).

“Kelima, meningkatkan minat dan daya tarik investor untuk memiliki saham Perseroan, sehingga diharapkan juga akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham Perseroan,” jelasnya.

Dengan adanya rencana kuasi reorganisasi ini, Perseroan akan meminta persetujuan kepada para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang rencananya akan diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 21 Juni 2024.

Rangkaian aksi korporasi berupa kuasi reorganisasi yang dilakukan Perseroan ini, sesuai jadwal akan dirampungkan pada akhir bulan Agustus 2024. Kuasi reorganisasi sendiri adalah prosedur akuntansi untuk merestrukturisasi ekuitas dengan mengeliminasi saldo laba negatif.

(nng)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *