Fluktuasi Harga Saham, Begini Strategi Investasi yang Tepat



loading…

Strategi investor pemula saat akan menentukan sektor dan waktu yang tepat memulai investasi saham. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Penurunan IHSG lebih dari 3% sejak awal tahun membuat para investor saham cemas. Terutama bagi investor pemula saat akan menentukan sektor dan waktu yang tepat memulai investasi.

“Koreksi yang terjadi saat ini lebih disebabkan oleh ekspektasi bahwa suku bunga akan tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama,” ujar Head of Investment Research Moduit Manuel Adhy Purwanto dalam siaran pers, Jumat (17/5/2024).

Dia mengatakan risiko kenaikan inflasi juga masih menghantui pasar akibat ketidakpastian yang ditimbulkan oleh memanasnya konflik antara Iran dan Israel. Hal ini menyebabkan nilai rupiah melemah terhadap dolar AS dan memicu aksi jual di pasar saham.

Namun, terdapat peluang di saham-saham yang mungkin diuntungkan oleh kondisi ini, seperti saham komoditas. Meskipun demikian, berinvestasi saham tidaklah semudah itu karena memerlukan banyak pertimbangan agar hasilnya optimal.

Manuel menambahkan banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam berinvestasi saham, seperti analisis makroekonomi, fundamental perusahaan, analisis teknikal, hingga money management. Hal itu untuk menentukan porsi trading guna meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang yang bisa dicapai.

Kompleksitas tersebut membuat banyak investor yang merugi, karena tidak mempunyai kemampuan atau waktu untuk melakukan analisa secara komprehensif. Guna membantu investor menghadapi tantangan tersebut, Moduit sebagai pemilik lisensi Penasihat Investasi dari OJK, menawarkan Mosaic (Moduit Stock Advisory Service).

Mosaic adalah solusi unik yang menggabungkan keahlian seorang pakar investasi (Portfolio Strategist) dengan dukungan teknologi, untuk memberikan rekomendasi saham yang tepat sasaran bagi investor.

Solusi itu diciptakan agar investor tidak lagi merasa kewalahan dengan informasi pasar yang kompleks, bising, dan fluktuatif. Berbeda dengan metode konvensional yang seringkali mengharuskan investor untuk melakukan pemantauan pasar terus-menerus, Mosaic menyederhanakan proses tersebut dengan teknologi dan keahlian pakar profesional yang teruji.

Investor dapat menghemat waktu dan tenaga, sekaligus meningkatkan peluang untuk meraih hasil investasi yang lebih baik. Dalam kesempatan sama, Chief of Development Moduit Edina Saputra mengatakan dengan Mosaic, investor hanya perlu menggunakan satu platform saja untuk mendapatkan layanan yang lengkap. Misalnya, mendapatkan rekomendasi saham, bertransaksi, sampai memantau perkembangan investasinya.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *