FKS Group Dorong Efisiensi Rantai Pasok Curah Kering



loading…

NPLog bekerja sama dengan operator pelabuhan, membangun dan mengoperasikan infrastruktur terintegrasi dan moderen untuk pembongkaran kargo curah kering pangan dan pakan. Foto/Dok

JAKARTANusa Prima Logistik (NPLog) menjadi pelopor perusahaan yang pertama kali bekerja sama dengan operator pelabuhan, membangun dan mengoperasikan infrastruktur terintegrasi dan modern untuk pembongkaran kargo curah kering pangan dan pakan yang letaknya di Teluk Lamong, Surabaya.

Adapun fasilitas penanganan kargo dilengkapi dengan sistem konveyor canggih dan berstandar food grade dengan kecepatan pembongkaran yang sangat tinggi hingga 30.000 MT/hari.

Kemudian didukung oleh gudang transit dengan kapasitas penyimpanan 200.000 Metrik Ton (MT), yang terdiri dari 10 unit silo dengan kapasitas 80.000 MT dan 2 unit flat storage dengan kapasitas 120.000 MT yang mampu melayani throughput kargo hingga 5.000.000 MT/tahun.

Nusa Prima Logistik merupakan gudang transit modern, ramah lingkungan dan terintegrasi yang didirikan oleh konsorsium tiga perusahaan yaitu PT FKS Multi Agro Tbk., PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Nusa Prima Logistik didirikan pada 2014 dan mulai beroperasi pada 2017.

Sedangkan Terminal Teluk Lamong (TTL) memiliki kedalaman -14mLWS dan dilengkapi dengan dermaga sepanjang 250 meter, dua unit Grab Ship Unloader.yang mampu melayani kapal Panamax. Fasilitas konveyor menghubungkan dermaga dengan gudang transit yang berkapasitas 200.000 MT, yang terdiri dari silo dan flat storage.

NPLog juga menyediakan solusi pengiriman yang efektif dan efisien yang memastikan ketepatan waktu pengiriman ke gudang pelanggan. Nusa Prima Logistik hadir sebagai pemain utama dalam pembongkaran dan penanganan kargo curah kering pangan dan pakan. Basis pelanggan Nusa Prima Logistik adalah seluruh perusahaan terkemuka di industri pangan dan pakan di wilayah Jawa Timur, di antaranya Daesang Ingredient Indonesia.

Nusa Prima Logistik telah menjadi salah satu gerbang utama masuknya bahan baku pangan dan pakan di Indonesia dan secara signifikan berkontribusi pada pertumbuhan industri logistik di Indonesia. Dengan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan efisiensi, perusahaan membantu menstabilkan harga pasar, mendukung program ketahanan pangan, dan meningkatkan daya saing sektor logistik di Indonesia.

“Misi kami adalah menyediakan solusi logistik yang modern dan terintegrasi dari pelabuhan sampai ke pintu gudang pelanggan (port-to-door logistics solutions) yang meliputi logistik kepelabuhanan, pergudangan, transportasi, dan distribusi,” ujar Chief Operating Officer, Welly Swandana di Surabaya, Jumat (12/7/2024).

Dia mengungkapkan, pihaknya memberikan solusi yang bertujuan untuk meminimalkan waktu tunggu proses bongkar di pelabuhan, mengoptimalkan kecepatan proses bongkar, menjaga kualitas penyimpanan, dan memastikan ketepatan waktu pengiriman ke gudang pelanggan.

“Nusa Prima Logistik berdedikasi menyediakan solusi logistik yang andal dan hemat biaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional serta menjadikan logistik di Indonesia bukan hanya kebutuhan tetapi juga keunggulan strategis,” pungkasnya.

(akr)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *