Ekonomi China Lesu, Raksasa Properti China Vanke Rugi USD1,4 Miliar



loading…

Pengembang perumahan China Vanke, melaporkan kerugian akibat dari krisis properti. Foto/iStock Photo

BEIJING – Raksasa properti China Vanke, mengumumkan kerugian yang signifikan pada semester pertama pada hari Jumat (30/8). Vanke adalah pengembang terbesar kedua di China pada tahun lalu dalam hal penjualan, menurut perusahaan spesialis CRIC.

Seperti diketahui, industri properti negara Tirai Bambu sedang menghadapi krisis penurunan penjualan rumah yang diperparah dengan lesunya perekonomian.

Perusahaan melaporkan kerugian bersih sebesar 9,9 miliar yuan (USD1,4 miliar atau setara Rp21 triliun) pada paruh pertama tahun yang berakhir 30 Juni, menurut pengajuan ke bursa saham Hong Kong pada hari Jumat.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari perkiraan yang dibuat oleh kelompok tersebut bulan lalu, yang memperkirakan kerugian bersih antara 7 hingga 9 miliar yuan.

“Perlu waktu untuk memulihkan kepercayaan warga dalam membeli rumah,” kata perusahaan pada laporan Channel News Asia, dikutip Sabtu (31/8/2024).

Vanke mencatat laba bersih sebesar 9,9 miliar yuan pada periode yang sama tahun 2023 meskipun menghadapi tantangan ekonomi.

Perusahaan ini sebagian dimiliki oleh pemerintah kota Shenzhen di Tiongkok selatan – yang pernah dipandang sebagai jaminan soliditasnya.

Pasar real estate Tiongkok sedang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dimana beberapa pengembang berada di ambang kebangkrutan dan rendahnya harga properti menghalangi konsumen untuk melakukan investasi di tengah perlambatan perekonomian.

Lembaga pemeringkat Moody’s sekali lagi menurunkan peringkat kredit Vanke satu tingkat pada bulan ini menjadi B1, yang menandakan bahwa peringkat tersebut sangat spekulatif.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *