Blok Migas Terbesar dan Paling Produktif dalam Sejarah Perminyakan RI



loading…

Blok Rokan tercatat sebagai blok migas terbesar dan paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia. Kepala Negara pun mengapresiasi kinerja produksi positif Blok Rokan. Foto/Dok

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat Blok Rokan merupakan blok migas terbesar dan paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia. Kepala Negara pun mengapresiasi kinerja produksi positif Blok Rokan, pasca diambil alih sekaligus dikelola PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

“Tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162 ribu barel per hari dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia,” ungkap Presiden saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Sabtu, (1/6/2024).

Presiden Jokowi berharap, alih kelola Blok Rokan oleh Pertamina ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Tanah Air.

“Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional, berdiri di atas kekuatan kita sendiri,” paparnya.

Rokan merupakan blok migas yang memiliki lebih dari 11.000 sumur aktif, 13.000 km jaringan pipa, sekitar dua kali jarak Sabang-Merauke. Lebih dari 11 miliar barel minyak mentah telah diproduksi dari WK Rokan dari sejumlah lapangan-lapangan besar, di antaranya Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan dan Pager.

Di Blok Rokan, Pertamina aktif menjalankan program pengeboran. Produksi minyak Pertamina Hulu Rokan saat ini mencapai 162.000 barrel oil per hari (MBOPD), lebih tinggi dibandingkan produksi sebelum alih kelola.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, Blok Rokan memegang peran penting dalam pembangunan kedaulatan, ketahanan dan kemandirian energi nasional.

“Pertamina bersama putra-putri terbaik bangsa berhasil mengelola Blok Rokan secara profesional sesuai dengan standar pengelolaan energi kelas dunia. Ini menjadi kebanggaan dan simbol kedaulatan negara di bidang energi. Sebagai bangsa kita mampu mengelola blok besar dan mampu bersaing dengan perusahaan energi global,” papar Nicke.

Perjalanan Blok Rokan Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi

Pengalihan pengelolaan Wilayah Kerja (WK) Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada Pertamina Hulu Rokan (PHR) selaku anak usaha PT Pertamina (Persero) merupakan sejarah bagi industri hulu migas di Indonesia.

Sebelumnya, pengelolaan Blok Rokan dipegang oleh CPI selama 97 tahun. Blok Rokan merupakan blok minyak terbesar di Indonesia dengan luas 6.220 kilometer persegi yang terletak di lima kabupaten di Riau, yaitu Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu dan Rokan Hilir.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *