Baru Dirilis, Aplikasi Ini Permudah Karyawan Kasbon Secara Digital



loading…

Aplikasi Ayo Kasbon memfasilitasi karyawan untuk dapat mengambil gaji lebih awal sebelum tanggal gajian. FOTO/Ilustrasi

JAKARTA – PT Ayo Kasbon Indonesia, startup teknologi keuangan, resmi meluncurkan inovasi aplikasi layanan keuangan Ayo Kasbon berbarengan dengan Hari Buruh di Jakarta, Rabu (1/5/2024). Aplikasi Ayo Kasbon bertujuan untuk memfasilitasi karyawan, pegawai atau buruh dapat mengambil gaji lebih awal sebelum tanggal gajian.

Direktur PT Ayo Kasbon Indonesia Ari Gunawan mengatakan, tidak sedikit informasi masyarakat yang bermasalah dengan platform pinjaman online (pinjol) ilegal atau rentenir. “Berangkat dari permasalahan itu, PT Ayo Kasbon Indonesia membuat inovasi kasbon digital khusus untuk para karyawan, pegawai atau buruh,” ujar Ari dalam keterangan resminya.

Dia mengatakan, dengan aplikasi ini, para karyawan, pegawai, dan buruh dapat menarik sebagian gaji di awal sebelum tanggal gajian tanpa dibebani bunga. Proses pengajuan kasbon dapat dilakukan lebih mudah, aman, cepat dan fleksibel.

Ari menjelaskan, dengan model bisnis Ayo Kasbon, maka pasar yang ingin disasar adalah perusahaan industri/pabrik, perkantoran, outsourcing, dan PNS. Ayo Kasbon juga bisa memfasilitasi perusahaan-perusahaan yang saat ini sudah menjalankan praktik kasbon secara manual untuk beralih ke digital, tanpa biaya apa pun yang dibebankan ke perusahaan.

Ari menjelaskan, ilustrasi pengajuan kasbon secara manual yang berjalan saat ini adalah karyawan mengisi formulir, kemudian izin ke bagian sumber daya manusia (SDM). Lalu, jika disetujui, bagian SDM akan meneruskan ke bagian keuangan, dan kemudian kasbon dicairkan secara tunai.

Sedangkan, lanjut dia, praktik kasbon secara digital yang saat ini mempunyai berbagai macam bentuk. Ada yang memberikan limit kasbon hingga 90% dari gaji, ada juga hingga 2-3 kali dari gaji dan proses pembayaran kembali kasbon dengan cara dicicil, serta dikenai bunga.

“Ayo Kasbon berbeda dengan platform yang lain, karena limit kasbon maksimal dibatasi sekitar 30-40%, tergantung kesepakatan dengan perusahaan. Kemudian pembayaran juga tidak dicicil, serta tanpa bunga. Kami hanya mengenakan biaya admin per kasbon,” jelasnya.

Ari menjelaskan, hal ini didasari pengertian bahwa kasbon bukanlah pinjaman, melainkan gaji karyawan yang diambil lebih awal sebelum tanggal gajian. Untuk pembayaran, gaji karyawan langsung dipotong saat gajian.

“Jadi sangat berbeda dengan pinjol yang merupakan pinjaman dengan jumlah tertentu, dikenakan biaya admin, bunga, dan biaya lain, serta beban administrasi dan pembayarannya dengan cara penagihan. Inilah perbedaan mendasar platform Ayo Kasbon dan pinjol,” paparnya.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *