5 Mata Uang Terlemah Dunia versi Forbes 2024, Rupiah Ada di Dalamnya



loading…

Deretan mata uang terlemah di dunia versi Forbes 2024. FOTO/iStock

JAKARTA – Banyak orang berpikir mata uang terkuat di dunia dan populer ialah dolar Amerika Serikat (AS) karena paling banyak ditukarkan di dunia. Namun yang mengejutkan dolar AS ternyata bukan mata uang terkuat melainkan Dinar Kuwait (KWD).

Tetapi dapatkah Anda membayangkan sebuah negara di mana uang yang hanya sebesar 2.000 Rupee dapat membuat Anda menjadi jutawan atau uang sebesar 500 Rupee dapat bernilai sekitar satu juta Rupee.

Nilai tukar mata adalah hal yang penting untuk menentukan kesehatan ekonomi suatu negara. Sejumlah faktor dapat mempengaruhi nilai tukar mata uang pada suatu negara, di antaranya tingkat inflasi, resesi, suku bunga, utang pemerintah dan ketidakstabilan politik.

Berikut 10 mata uang terlemah di dunia versi Forbes 2024;

1. Rial Iran (IRR) 1 INR = 504.04 IRR

Rial Iran adalah mata uang termurah di dunia. Penurunan nilainya dapat dijelaskan oleh berbagai faktor. Pertama, berakhirnya Revolusi Islam pada tahun 1979 diikuti oleh penarikan investor asing dari negara ini. Program nuklir dan perang Iran-Irak juga memainkan peran besar, menyebabkan kesulitan keuangan dan kerusuhan politik lainnya di Iran.

2. Dong Vietnam (VND) 1 INR = 301 VND

Negara ini telah lama mengikuti ekonomi terpusat. Meskipun negara ini memulai jalur pembentukan ekonomi pasar, jalan yang harus dilalui masih panjang. Mata uangnya sangat terdevaluasi saat ini, namun ada kemungkinan mata uang ini akan membaik seiring dengan perbaikan ekonomi.

3. Sierra Leonean Leone (SLL) 1 INR = 277 SLL

Sierra Leonean Leone adalah mata uang Afrika yang sangat terpengaruh oleh kemiskinan. Afrika memiliki sejarah skandal keuangan, korupsi, dan konflik termasuk perang saudara yang keji di wilayah Afrika barat.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *