10 Negara SCO Sepakat Dedolarisasi, Penggunaan Dolar AS Terlalu Berisiko



loading…

Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, hingga Presiden Belarusia Alexander Lukashenko dalam pertemuan puncak SCO Summit 2024 di Astana, Kazakhstan. FOTO/TASS

JAKARTA – SCO sebagai Organisasi Kerja Sama Shanghai, baru-baru ini menarik perhatian karena perspektifnya terhadap mata uang perdagangan internasional. Kelompok ini memiliki 10 negara anggota termasuk negara-negara besar seperti China, Rusia, dan India. Oleh karena itu, setiap keputusan yang diambil oleh SCO akan mempengaruhi perekonomian global.

Baru-baru ini, SCO mengadakan pertemuan puncak di Astana, Kazakhstan, dan mereka menyatakan bahwa terus menggunakan dolar AS dalam transaksi perdagangan internasional merupakan hal yang memprihatinkan. Keseluruhan anggota sepakat dengan arah dedolarisasi untuk mengurangi risiko terhadap dolar AS.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexei Overchuk mengatakan, “Hampir semua pembicara mencatat perlunya meningkatkan porsi mata uang lokal dalam penyelesaian bersama.”

Pernyataan di atas menunjukkan semakin besarnya kekhawatiran negara-negara SCO terhadap kemungkinan risiko yang timbul akibat terlalu mengandalkan dolar AS. Dikutip dari Watcher Guru, Overchuk mengatakan, “Semua orang memahami bahwa penggunaan dolar berisiko dari sudut pandang penyelesaian internasional.”

Pernyataan-pernyataan ini mungkin merupakan langkah pertama dalam cara anggota SCO menangani perdagangan internasional. Alasan kekhawatiran terhadap dolar AS terkait stabilitas transaksi internasional; persyaratan untuk mata uang nasional sampai kepada sanksi dan kontrol AS.

Sebagai informasi, KTT tahun ini juga menjadi tuan rumah pertemuan SCO+ pertama dengan fokus pada “Memperkuat Dialog Multilateral – mengupayakan perdamaian dan pembangunan berkelanjutan” Tindakan ini dapat menciptakan lebih banyak cara untuk mendiskusikan dan mengatasi permasalahan ini.

(nng)



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *