Cegah Ledakan Pager Kembali Terulang, Rusia Minta Pembatasan Akses Perusahaan Teknologi



loading…

Rusia minta pembatasan akses perusahaan teknologi untuk mencegah ledakan pager kembali terulang. Foto/AP

MOSKOWRusia menyerukan kepada masyarakat global untuk mengadopsi mekanisme internasional yang mengikat secara hukum untuk mencegah raksasa teknologi menyalahgunakan kendali mereka atas teknologi digital.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova, menyatakan keprihatinan atas dua gelombang ledakan perangkat komunikasi di Lebanon.

Menanggapi pertanyaan dari seorang koresponden Anadolu pada konferensi pers di Moskow, ia menekankan bahwa perusahaan-perusahaan Barat mendominasi produksi TI utama, memusatkan kekuasaan di tangan mereka.

“Mereka membatasi transfer teknologi ke negara-negara berkembang dan negara-negara dengan kebijakan independen, memastikan bahwa monopoli mereka tetap utuh,” jelas Zakharova, seraya menambahkan bahwa “monopoli ini memungkinkan mereka untuk memberikan tekanan dan mengendalikan proses.”

Pejabat tersebut juga mencatat bahwa perusahaan-perusahaan TI Amerika didukung oleh badan-badan intelijen AS dan sekutu, yang menggunakan pengaruh mereka untuk memata-matai dan mencampuri urusan dalam negeri negara lain. Ia menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan seperti Microsoft mengalihkan sistem manajemen negara berdaulat ke penyimpanan data berbasis awan untuk mengendalikan ruang informasi nasional.

Sebagai tanggapan, Rusia mengadvokasi mekanisme kerja sama internasional yang melindungi kedaulatan dan keamanan negara sesuai dengan Piagam PBB, sekaligus juga membina lingkungan digital yang aman dan independen, tegasnya.

“Sangat penting untuk meminta pertanggungjawaban raksasa TI atas produk-produk mereka, memastikan bahwa perusahaan-perusahaan mencegah masuknya pintu belakang yang berbahaya ke dalam perangkat lunak. Inilah sebabnya kami mendesak masyarakat global untuk mengembangkan alat-alat yang universal dan mengikat secara hukum di bidang keamanan informasi internasional,” tegasnya.

Pada hari Selasa dan Rabu, 37 orang tewas dan lebih dari 3.250 lainnya, termasuk wanita dan anak-anak, terluka dalam serangkaian ledakan yang melibatkan perangkat komunikasi nirkabel, termasuk pager dan radio dua arah.

Kemudian, sebuah laporan berita Hongaria menyatakan bahwa Norta Global yang berbasis di Bulgaria terlibat dalam penjualan pager kepada kelompok Hizbullah yang berbasis di Lebanon.



You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *